• 0341-564556, 581037

  • sma@dempoku.com

Kreativitas Anak Muda Perlu Diarahkan

Anak muda memiliki banyak kreativitas dan peluang untuk bias berkarya. Namun, kreativitas tersebut perlu didukung agar terarah dan bermanfaat bagi orang banyak.

Demikian inti Bincang Kompas bersama pelajar SMA dan SMK di Kota Malang, Jawa Timur, Jum’at (22/1), di SMAK St. Albertus, Malang. HAdir dalam diskusi tersebut Nur Kristian (Guru SMAK St. Albertus), Adithya Yustanto (Animator asal Mocca Animation Studio), dan Lailatul Fitri (Anggota Forum Anak Kota Malang). Peluang anak muda untuk bias berkarya sangat mudah saat ini. Di era kemajuan teknologi saat ini, melalui  gadget di genggaman tangan, bisa menjadi sarana berkreasi. Itu harus dimanfaatkan untuk hal-hal positif, bukan sebaliknya,” kata Lailatul. Dicontohkan melalui media social, anak muda kini bisa membuat jejaring social untuk mengkampanyekan kebaikan. Melalui media social pula, generasi muda bisa membangun komunitas untuk membantu  sesame atau membangun komunitas bermanfaat lainnya. Untuk bisa menemukan passion yang bisa kita lakukan, maka bermimpilah. Kita harus focus pada impian dan mengendalikan emosi,” kata Adithya, animator Mocca Animation Studio.
Dia Juga Mengajak anak muda untuk menjadi pengusaha sebab hal itu membuat mereka lebih bertanggung jawab bukan hanya dirinya, tetapi juga orang yang bekerja padanya. “ Menjadi  entrepreneur  tak sulit asal memiliki kreativitas dan kemauan dan bisa memanfaatkan peluang. Peluang sangat banyak dengan internet. Kita bisa jual apa saja asal kreatif,” kata Adithya.

Kreativitas, menurut Adithya, bisa dipelajari dari buku, orang, atau pengalaman sendiri. Adithya misalnya, memanfaatkan kecintaanya pada animasi menjadi bidang usahanya saat ini, Ia membangun Mocca Animation Studio yang kini memiliki 50 pekerja dan 50 siswa magang. Omzetnya Rp. 300 juta per tahun.

Besarnya peluang dan kreativitas anak muda, menurut Nur Kristian, Guru SMAK St. ALbertus, perlu diarahkan. “Kreativitas anak muda perlu terarah agar bernilai. Apalagi, kemajuan teknologi memungkinkan kreativitas jatuh pada hal yang tidak benar,” katanya.

Bagikan :

Komentar

Tambah Komentar (0)

Batal

Balas Komentar

Komentar Berhasil diterbitkan
Komentar tidak dapat diterbitkan Silakan coba lagi..!
Alamat email yang anda masukkan salah..!
Alamat web yang anda masukkan salah..!
Kode Captcha yang anda masukkan salah...!
Bidang tidak boleh ada yang kosong....!

Artikel Terbaru
File Download
Polling
Apakah informasi di website kami sudah lengkap..?

Legkap
Cukup Lengkap
Kurang Lengkap