Tentang Kami

  • Sejarah
  • Visi
  • Misi
  • Kegiatan Sekolah
  • Sarana dan Prasarana
Sekolah ini merupakan SMA Katolik pertama yang berdiri di kota Malang. Pendiri dan pengelolanya adalah Yayasan Sancta Maria, milik serikat para imam dan biarawan ordo Karmel. Pada tahun 1936, ketika para Karmelit yang berkarya di Indonesia masih merupakan bagian dari provinsialat Belanda, sekolah ini didirikan untuk mendidik generasi muda bangsa Indonesia. Pater Titus Brandsma, martir yang oleh Paus Yohanes Paulus II telah digelari "Beato" itu adalah salah seorang pendukung prakarsa pendirian sekolah yang semula bernama Rooms Katholiek Algemene Middlebare School (RKAMS) St. Albertus. Sampai dengan tahun 1942, sekolah ini hanya menerima siswa laki-laki pilihan. Artinya, para calon siswa sekolah yang awalnya berlokasi di kawasan Rampal (dekat tangsi militer Belanda waktu itu) diseleksi berdasarkan nilai-nilai yang diperoleh pada jenjang pendidikan sebelumnya. Sekarang, Yayasan Sancta Maria Malang beralamat di Mgr. Sugiyopranoto 2, Malang. Sekolah menengah yang dimiliki sekaligus diurus sendiri hingga kini hanya dua, yaitu: SMAK St. Albertus, Malang dan SMU Katolik St. Paulus, Jember. Meskipun yang mengasuhnya dulu adalah para imam dan guru-guru Belanda dengan pengantar bahasa Belanda, sekolah ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin mengenyam pendidikan sekolah menengah yang bermutu tinggi tanpa pandang kekayaan, ras, agama, pangkat atau kedudukan. Yang penting, mereka berjenis kelamin laki-laki dan bernilai baik. Baru pada tahun 1947 sekolah ini menerima siswi, alias murid berjenis kelamin perempuan. Tetapi, sekolah ini pernah tidak menerima siswa (1942-1946) karena gedung baru yang berada di jalan Talang, Malang dirampas oleh Angkatan Udara Balatentara Jepang dan digunakan sebagai markas. Pada tahun 1946 sekolah dibuka lagi di gedung yang sekarang di tempati oleh para biarawati Ursulin (OSU), pengelola SMA Cor Jesu. Pada tahun yang sama, sekolah dipindahkan lagi ke gedung yang kini dikenal sebagai Panti Asuhan St. Theresia. Tidak lama disitu, sekolah boyongan lagi ke gedung antik yang sekarang dikenal sebagai SMA Frateran.
Menjadikan SMA Katolik St. Albertus komunitas pemimpin pembelajar yang cendekia sekaligus berhati, disiplin, pekerja keras dan penuh harapan dalam semangat doa, persaudaraan, dan pelayanan.
Menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang menumbuhkembangkan jiwa pembelajar. Menyelenggarakan kegiatan pembinaan karakter yang menyiapkan pemimpin yang berhati, berbudaya disiplin, pekerja keras, penuh harapan, dan peduli lingkungan. Menyelenggarakan kegiatan pembinaan rohani yang menumbuhkan semangat doa, persaudaraan, dan pelayanan.
- PLS PAK NUR - Ultah sekolah - HUT RI (pesta rakyat) - Malam genitu - Gelar PTS - Dempo Cup - Dempo Fair - Class Meeting - Natalan bersama/ lomba paduan suara antar kelas - Paskah bersama - Graduasi
- Ruang kelas - LAB - Ruang gamelan, angklung - perpus - lapangan - kantin - toilet - R. Sarpras dll
Sebagai Kepala Sekolah, saya mengucapkan selamat datang di Sekolah Kami! Kami berada di jantung Kota Malang sejak tahun 1936 dan telah berhasil memberikan pendidikan yang sangat baik kepada masyarakat Kota Malang pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Of class of 2018

bachelor’s recipients were employed

Of class of 2018

bachelor’s recipients were employed

Student

bachelor’s recipients were employed

Guru

Fransisca Ajeng Handayani Guru Bahasa Jepang

VIVA DEMPO

Sertifikasi dan Akreditasi
certificates-02
certificates-01
certificates-01
certificates-02
"Selalu saya katakan, SMA Dempo memberi saya 3 tahun yang abadi. Semakin jauh dan semakin lama pergi, Dempo semakin dekat di hati. Mungkin karena pada masa Remaja (SMA) itulah perasaan manusia menemukan masa yang paling indah."
_Eka Budianta, Budayawan
Sekolah di SMA Dempo sungguh sangat berkesan. 3 tahun terasa cepat sekali berlalu. Setelah lulus kuliah aku pun masih teringat akan Dempo. Sehingga akhirnya ikut berkarya disana. Oh...sungguh menyenangkan...
_Debora, Guru Matematika Dempo (Purna)
WhatsApp Image 2019-01-03 at 10.10.17
WhatsApp Image 2019-01-04 at 11.42.38