FAQ

PTMT

• PLS kelas XI diberikan hanya kepada peserta didik yang diizinkan oleh orang tua untuk mengikuti PTMT/ ikut pembelajaran di sekolah • PLS kelas XI dipandang perlu untuk memperkenalkan lingkungan sekolah dan warga sekolah kepada peserta didik • PLS kelas X dan XI berlangsung di hari yg sama denan jam yang berbeda • Prokes kegiatan PLS sama dengan kegiatan pembelajaran (ada shift dan sistem 50% populasi) • Materi PLS kelas X dan XI berbeda. Waktu pelaksanaan PLS kelas XI lebih singkat dibandingkan kelas X.
Keputusan memilih online di semester ganjil dapat diubah di semester genap. Kebijakan sekolah yang diperlukan di semester genap, akan disampaikan lebih lanjut dengan melihat perkembangan situasi kondisi
• HP diperlukan untuk memudahkan komunikasi dengan ortu misalnya hal penjemputan anak saat pulang, juga bila anak dipulangkan karena sakit atau tidak bisa bekerjasama menjaga prokes. • HP juga dapat digunakan untuk sarana pembelajaran bila ada gangguan laptop/wifi.
Surat pernyataan orang tua (Lampiran 2) yang dikirimkan bila orangtua tidak mengizinkan.
Tidak ada subsidi dari sekolah. Selama tahun ajaran 2020/2021 ada beberapa kegiatan yang terlaksana dan ada yang tidak terlaksana, sehingga masih ada uang yang dikembalikan kepada orang tua. Uang yang dikembalikan akan langsung dipergunakan untuk mengurangi uang kegiatan tahun ajaran 2021/2022. Hal ini sudah dijelaskan dalam surat edaran daftar ulang.
Sesuai dengan surat edaran sekolah yang telah disampaikan, daftar ulang bisa dilakukan setelah peserta didik menerima rapor.
Lapor diri bagi peserta didik kelas X dan XI harus dilakukan tanggal 28 juni, untuk mempermudah pencatatan, karantina mandiri, dan rapid tes. Orang tua dan peserta didik yang tidak lapor diri pada tanggal 28 juni dinyatakan mengikuti pembelajaran online.
Sekolah akan memberikan aturan penilaian yang sama kepada peserta didik yang mengikuti proses dan evaluasi sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh sekolah, yakni menggunakan 2 gawai.
Keputusan memilih online di semester ganjil dapat diubah di semester genap. Kebijakan sekolah yang diperlukan di semester genap, akan disampaikan lebih lanjut dengan melihat perkembangan situasi kondisi
Lapor diri bagi peserta didik kelas X dan XI harus dilakukan tanggal 28 juni, untuk mempermudah pencatatan, karantina mandiri, dan rapid tes. Orang tua dan peserta didik yang tidak lapor diri pada tanggal 28 juni dinyatakan mengikuti pembelajaran online.
Teknis pengajaran akan diatur oleh guru masing-masing disesuaikan dengan karakter mata pelajaran masing-masing
• Rapid tes kelas XII dilaksanakan pada 10 Juli 2021, supaya sekolah mengetahui kondisi awal siswa. • Rapid tes bisa dilakukan lagi apabila diperlukan
Keputusan memilih online di semester ganjil dapat diubah di semester genap. Kebijakan sekolah yang diperlukan di semester genap, akan disampaikan lebih lanjut dengan melihat perkembangan situasi kondisi.
Peserta didik diperbolehkan mengikuti PTMT di sekolah dengan menggunakan latop dan atau HP.
Pada saat lapor diri tanggal 28 Juni peserta didik memakai seragam.
PLS kelas XI dimulai tanggal 5-9 Juli siang hari. Peserta didik kelas XI tidak akan datang ke sekolah 4 hari berturut-turut, tetapi hanya selama 2 hari saja karena pembatasan jumlah peserta didik yang boleh hadir di sekolah. Materi berkisar pada pengenalan lingkungan Dempo, tenaga pengajar, dan rutinitas di sekolah. Jadwal lengkap akan dibagikan setelah data anak yang memutuskan hadir di sekolah tersedia.
Kalau posisi anak di sekolah, hasil tes suhu panas, dan dicurigai mengarah ke covid maka anak akan diminta ke ruang isolasi, lalu petugas satgas sekolah menghubungi pihak satgas daerah dalam hal ini puskesmas. Petugas akan tracing bersama satgas sekolah, kemudian test swab, jika hasil tes positif maka perlakuannya sbb: jika kondisi parah, suhu tinggi, sesak nafas maka akan dibawa ke RS terdekat, jika kondisi baik2 saja, obat penurun panas bisa menurunkan panas anak maka isolasi mandiri di rumah dengan pemantauan dari petugas puskesmas dan suplai obat. Hal tersebut merupakan tanggung jawab bersama, sekolah, pengelola kos, dan ortu, tidak bisa lepaskan tanggung jawab ke sekolah.

Pertemuan Orang Tua

Pengerjaan karya tulis bagi peserta didik kelas XI dimulai pada semester 4 (genap)
Peserta didik diperbolehkan mengganti judul kartul yang sudah diusulkan dengan persetujuan guru pembimbing bahasa Indonesia.
Peserta didik yang mengalami kendala jaringan internet yang jelek pada saat pembelajaran daring bisa menghubungi pengajar yang bersangkutan dan meminta file tugas untuk dikerjakan serta mengunggah hasil pekerjaan tersebut secara pribadi melalui Whatsapp.
Peserta didik bebas menentukan buku bacaan literasi sesuai dengan minatnya asalkan bukan komik, kamus, Kitab Suci atau majalah.
Hal konsultasi pembelajaran dalam bentuk japri di luar tatap muka virtual dapat disepakati di awal pembelajaran dengan guru yang bersangkutan.
Peserta didik dapat melanjutkan ke materi pembelajaran semester berikutnya jika sudah menyelesaikan seluruh KD per mata pelajaran di semester berjalan.
Sekolah akan menjadwalkan pertemuan khusus dengan orang tua di tengah semester.
Beasiswa akademis yang telah dicabut tidak dapat dipulihkan, sedangkan beasiswa nonakademis yang pernah diberhentikan bisa dipulihkan kembali setelah siswa yang bersangkutan memenuhi syarat.
Biaya tambahan untuk BBD dapat diketahui dengan menghubungi sekolah pada jam kerja.
Tidak ada kebijakan pengurangan SPP, tetapi sekolah memberi kelonggaran waktu pembayaran dan tidak memberlakukan denda keterlambatan.
Ada pemberian subsidi kuota dari sekolah.
Laporan Bulanan akan dikirim ke email orang tua
Perizinan dilakukan dengan cara orang tua menghubungi PA menggunakan nomor HP orang tua yang bersangkutan atau dengan mengirimkan surat izin melalui email.
Di tahun ini ada Ujian Sekolah, tetapi tidak ada Ujian Nasional dan tidak ada USP-BKS
Ujian Sekolah tetap terjadwal di semester genap karena pengajuan ijazah hanya dilayani oleh Diknas Provinsi di semester genap. Peserta didik dapat mengikuti jalur undangan sesuai jadwal yang ditetapkan oleh perguruan tinggi.
Peserta didik kelas XI yang mempunyai kecepatan belajar di atas rata-rata tetap berkesempatan untuk dapat menyelesaikan pembelajaran selama 4 semester (2 tahun) sekalipun di tahun sebelumnya (Kelas X) kecepatan pembelajaran berlangsung normal. Target kecepatan belajar silakan dilihat pada buku panduan dan silakan didiskusikan dengan Pembimbing Akademik untuk mencapai target tsb.